Wednesday, October 24, 2012

Rutinitas 6 Bulan Menjadi Training Coordinator Di Departemen HR

- Ditulis dari HR Office Lantai 1 InterContinental Bali Resort Jimbaran, Bali -

9.14.AM.
Kira-kira 2 jam lebih lagi menuju break lunch alias makan siang. Dan setiap hari adalah hari yang panjang, penuh tantangan ngadepin orang-orang yang punya personality, attitude, muka dan bau yang aneh-aneh HAHAHA

*piss yang ngerasa bau.

Sebenarnya saya adalah Trainee Coordinator, yaitu lebih kearah me-manage anak-anak training, bukan lebih ke HR (walaupun kadang saya juga turut membantu rekan-rekan lain). Menjaga agar kuota training tetap sinkron dan menjaga kestabilan agar tidak kurang, juga tidak lebih. Selain itu juga saya mengerjakan peng-input-an nilai dan pembuatan Certificate.Yah cukup rumit, apalagi kalo semua departemen sedang membutuhkan training. Yang dicari sudah pasti, extension 7222 yang akan terus berdering sepanjang hari.

Kadang teman-teman saya kaget, kenapa saya memilih HR. Ya, karena mungkin banyak sesuatu di HR yang gak didapet di kampus. Itulah alasan yang sering kali saya lontarkan kepada teman-teman yang sering komentar tentang departemen yang saya pilih. Padahal katanya, muka-muka seperti saya ini adalah muka-muka orang kitchen atau bar. Dari satu angkatan pun, departemen yang saya pilih pun cukup berbeda dari yang lain. Sebuah keputusan yang diambil dengan durasi pemikiran yang cukup singkat saat ditanya dosen, departemen apakah yang akan kamu pilih nanti?

Hal kedua yang kadang bikin orang tercengang adalah tugas seorang Trainee Coordinator itu me-manage anak-anak training. Tetapi saya juga training. Seorang training mengurusi training apa gak pening? Ning! Ning!

Tetapi dengan mengurusi anak-anak training yang sepantaran, saya lebih cepat mendapatkan teman baru. Dan hal yang paling saya benci, saat pertama kali anak-anak ini bertatap muka dengan saya, saya dipanggil Pak. Apakah seorang yang baby face ini cocok dipanggil Pak?

Okay, awal hari ini saya buka dengan meng-update Heart Of House yakni sebuah tagline hotel berupa poster dan stiker yang ditempel di sepanjang lorong Employee Area. Isinya berupa info tentang semua karyawan dan juga info mengenai info terbaru hotel. Nah, jadi tugasnya untuk memperbaharui ini semua. Ada yang daily, weekly, monthly, yearly, abadly, kiamatly (pusing!)

Yahh, pokonya semua yang berhubungan dengan KESEJAHTERAAN karyawan adalah tugas-tugas HR yang juga orang-orangnya kalau dilihat secara telanjang mata sangat SEJAHTERA alias gempal-gendut-perut-maju-buncit.

Gimana gak sejahtera kalo setiap hari banyak kunjungan dari mantan-mantan trainee, mantan karyawan dan lain lain, mulai dari bawa sogokan J.co atau pizza kalo lagi ada maunya. Berkalori rendah ato tinggi bodo amat. Macem-macem pokonya. Ya pokonya kolega dan HR itu saling membutuhkan lah.

Seperti kata pelajaran IPS waktu SD, kita itu adalah mahkluk sosial. Jadi, HR bertugas mensejahterakan kolega dan kolega mensejahterakan HR. Ternyata hubungan timbal balik di hotel ini berjalan mulus sesuai dengan berjalannya gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Dan saya menulis blog hari ini, dengan sangat hening, sangat serius dan agak tergesa-gesa setiap bos lewat harus menekan tombol ALT-TAB, biar dikira pura-pura kerja.

Oh ya, resting area hari ini pasti penuh dengan ajakan-ajakan dugem malam yang konon katanya kalo punya kartu mahasiswa bisa gratis. Ternyata memang gratis (silahkan dicoba datang ke Sky Garden di Legian)

Yah jangan heran saja kalo banyak orang-orang aneh dan norak disana (namanya juga gratis).Btw Bali lagi panas-panasnya, dengan suhu 24-31 derajat celcius. Konon katanya juga ini adalah hawa panas yang kebawa angin dari aussie. Yasudah, demikian hari ini. sekian dan terima gaji.

Selamat Public Holiday untuk semua yang libur besok karena besok adalah hari pemancungan sapi dan kambing.

Selamat Idul Adha!

No comments:

Post a Comment